Welcome to Riska Tulus' World, enjoy!

Biasa aja, yang penting beda

Senin, 14 Januari 2013

Semester: 6th Day: 1st

Jadwal kuliah yang biasanya sore-sore, hari ini harus dimulai jam 7 pagi, jam 7 pren jam 7, gilak, biasanya jam segitu masih nyuci baju. Udah gitu nama mata kuliahnya namanya stylistics  yang ngebahas tentang formalitas dalam karya sastra contohnya kayak kenapa dalam sebuah kalimat dalam sebuah karya sastra itu di dalemnya pake koma, kenapa gak titik, ato titik dua atau petik atau etc. agak gila emang kuliahnya, antara gila ama gak penting. Nah, pas pagi-pagi baru dateng, ada beberapa wajah baru yang ternyata adalah mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, nahh sedangkan kelasku uda jelas, sastra. Usut punya usut mereka akhirnya ngaku kalo merek adalah mata-mata FBI, apaan sih, enggak, mereka akhirnya ngaku kalo mereka ambil matkul itu buat menuhin sks aja, soalnya mata kuliah elective yang tersisa cuman itu. Tapi ya men, kalo misal emang tersisa itu tapi ga ada sangkut pautnya ama jurusan yang ditekuni juga buat apa. ibarat dari malang mau ke Surabaya naik bis malang-banyuwangi, ya nyasar, udah gak sejalan.

Pertama, kata dosenku, ini yang agak gak enak, “iki mata kuliah e rodok gendeng (ini matakuliahnya agak gila), saiki mosok sing digoleki iku opoo kok iku nganggo koma, opoo kok gak titik, utowo titik dua (sekarang masa yang dicari itu kenapa ini pake koma, kok gak titik, kenapa gak titik dua), lak wong nganggur a wong sastra iku, arek-arek sastra iku arek-arek minder, gak payu, senengane goroh (nganggur banget orang sastra itu, anak-anak sastra itu anan-anak yang minder, gak laku, sukanya bohong).” Kurang lebih kayak gitu, dan aku sama beberapa temenku Cuma bisa ketawa sambil sesekali nimpali “iya Pak, you know us so well dah, mahasiswa e gila, dosen e apa?insane?psychotic?” ah tererah orang bilang apa, yang penting mari menggila!

Bingung kenapa dibilang suka bohong? Oh, nggak ya? Gapapa deh, bingung aja, biar aku bisa cerita, yah? Jadi gini, katanya bapaknya, sastra itu kan metaphor, hayoo dibuka lagi buku BI smp nya apa itu metaphor, gak mau? Ya udah, aku lanjutin cerita lo ntar, yaudah lanjut aja *abaikan, nah karena metaphor, kayak “kau adalah mawar yang tumbuh di jamban jambangan” itu kan boong banget, nah gitu masih mau aja diboongi, diteliti lagi, masyaAlloh itu piring kotor banyak di belakang, plis. Tapi biarin, aku udah 5/8 perjalanan ini, masa mau mundur gitu aja, mending miring aja kayak kepiting *janganhiraukan.

akhirnya beralih ke matkul kedua, comparative literature, ini malah lebih gak dong lagi, bener-bener zonk nih kepala. tapi setelah dapet iluminati dari dosennya akhirnya kami mendapat secercah harapan tentang matkul ini. cuman, tadinya kukira bakal bentar aja njelasin course outline doang, eh la kok oragnya tidak berbaik hati segera memulangkan, malah ngomong sendiri, sampe ngomongin kalo chairil anwar plagiat segala lho, dan saat orangnya nyeritain itu sambil tegang gitu, yang berhasil bikin aku ngayal tiba-tiba ada backsound di film2 pas pembunuhan2 gitu, beeh apaan sih. 

haah hari ini berlalu dengan segala macam kegejean tiada akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar